Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengetahuan Dasar Tentang Saham

Sobat ingin terjun ke dunia saham? 

Jangan gegabah, pahami pengetahuan dasar mengenai saham berikut ini.

Dasar-dasar saham merupakan pengetahuan penting yang harus dikuasai investor sebelum menginvestasikan dananya. Seperti jenis instrumen lain, investor harus siap menghadapi kondisi untung atau rugi. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Namun dengan pengetahuan yang cukup, kerugian dapat dikendalikan sehingga tidak berdampak terlalu buruk. 

Setiap orang dapat belajar tentang saham secara otodidak atau bertanya pada broker dan trader berpengalaman. Bekal pengetahuan tersebut bisa menjadi dasar dalam menentukan keputusan sehingga cuan. Berikut yang perlu dipahami mengenai dasar-dasar saham. 

1. Pastikan Tujuan

Dalam berinvestasi Anda harus mempunyai tujuan. Apakah akan menggunakan dana tersebut dalam satu tahun ke depan, persiapan pensiun, atau biaya sekolah anak. Ini menentukan jenis investasi yang paling tepat, untuk kebutuhan jangka pendek, saham yang agresif bisa menjadi pilihan tepat. 

2. Tentukan Jangka Waktu

Jangka waktu berkaitan dengan tujuan berinvestasi atau membeli saham. Jika ingin mendapatkan potensi cuan yang lebih besar, bisa memilih produk saham yang akan naik harganya setelah jangka waktu tertentu. 

Saham merupakan instrumen yang mengalami fluktuasi tinggi. Sebaiknya tidak melakukan pembelian ketika kondisi finansial kurang sehat. Dalam kondisi tersebut, investor bisa kurang tepat berfikir sehingga justru menyebabkan kerugian. 

3. Pahami Risiko

Dibandingkan dengan instrumen investasi lain, saham memiliki potensi keuntungan yang besar. Namun kemungkinan kerugiannya juga besar. Investor harus siap dengan hal ini. Keuntungan dan kerugian berbanding lurus. 

Dengan mengetahui risiko yang mungkin terjadi, secara mental akan membuat investor lebih siap. Hal ini yang membuat dapat berpikir tenang dan tidak terburu-buru mengambil keputusan ketika harga saham naik atau turun drastis. 

4. Pilih Instrumen Tepat

Berikutnya, jenis saham sangat bermacam-macam dan masing-masing mempunyai karakteristik, baik keuntungan dan risiko yang berbeda. Karena itu, setiap investor harus memahaminya. Kesalahan dalam memilih instrumen atau produk tidak akan membuat cuan, bahkan bisa merugikan. 

5. Membeli pada Perusahaan Terpercaya

Perusahaan yang menawarkan saham setiap hari bermunculan. Sebaiknya jangan tergiur dengan promosi terkait potensi keuntungan yang besar. Setiap produk investasi membutuhkan waktu untuk bisa cuan. Jika perusahaan menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat, justru perlu curiga.

Saat ini banyak investasi bodong yang merugikan pemilik dana. Kehati-hatian dalam memilih dan menentukan semua keputusan sangat penting. Salah satu ciri perusahaan terpercaya adalah memiliki perizinan yang sah. Jangan segan untuk menanyakan hal ini agar tidak salah dalam membeli saham.

6. Tidak masalah memulai dengan dana terbatas

Jika sebelumnya banyak yang beranggapan bahwa investasi saham hanya bisa dimulai dengan modal besar, ternyata hal tersebut salah. Investor bisa memulai dengan dana terbatas. Banyak perusahaan yang menjual saham dengan harga cukup terjangkau. Sebaiknya, jika sudah mantap untuk berinvestasi, segera membelanjakan dana tersebut untuk membeli saham. 

Dasar-dasar saham tersebut bisa menjadi bekal bagi investor pemula agar cuan. berinvestasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan aset secara mudah karena tidak harus mengelolanya sendiri. Agar cuan, jangan salah dalam berinvestasi.

Demikian pembahasan kita kali ini. Jangan sungkan untuk membaca artikel lain yang menarik dari kami.

Terima kasih.

9 komentar untuk "Pengetahuan Dasar Tentang Saham"

  1. Berinvestasi ketika kondisi finansial sehat akan membuat keputusan menjadi lebih akurat dan mengurangi kesalahan kesalahan dalam berinvestasi.
    Mantab ini saran yang harus di ingat. Jangan terpancing cuman besar ternyata malah boncos

    BalasHapus
  2. nah itu dia, saat mau belajar saham, masih takut akan risikonya. untuk sekarang sih baru berani di reksadana pasar uang dulu hehe

    BalasHapus
  3. Sejauh ini aku investasi pasar uang aja. Belum nyoba saham, tertarik tapi harus banyak belajar dulu deh.

    BalasHapus
  4. Belum berani main saham. Hehe. Baca isi blog ini bisa melek finansial nih...

    BalasHapus
  5. Saya tertarik sih dengan saham. tapi masih perlu banyak belajar, saya masih berani di pasar uang saja wkwk

    BalasHapus
  6. Banyak orang yang ingin sukses investasi, tapi mereka terjebak dengan kata-kata pasti untung, padahal risiko pasti dari investasi itu adalah rugi..

    BalasHapus
  7. Iyah byk bgt investasi bodong..kdg yg pendidikan nya tinggi aja bisa tertipu..hrs jeli. Klu saya lbh memilih investasi deposito/tanah

    BalasHapus
  8. Kapan hari obrolan panjang di salah satu grup blogwalking bahas soal saham ini. Masih banyak kawan2 yang kenal soal saham, bahkan menyamakan dengan kripto. Ini perlu literasi lebih luas dan senang sekali ternyata ada kawan blogger punya blog sahampedia. Bisa jadi ladang ilmu buat kawan2 yang mau tahu soal saham dari dasar.

    BalasHapus
  9. Wah, ini bisa jadi bekal Teddy jika ingin memulai investasi saham. Banyak hal yang perlu kita pertimbangkan untuk meminimalisir risiko untung dan rugi dari ini ya Bang. Semoga bisa diterapkan suatu saat.

    Terima Kasih Bang.

    BalasHapus